Pemerintah Suriah akan hadiri konferensi perdamaian internasional

Senin, 27 Mei 2013 - 17:39 WIB
Pemerintah Suriah akan hadiri konferensi perdamaian internasional
Pemerintah Suriah akan hadiri konferensi perdamaian internasional
A A A
Sindonews.com - Walid Muallem, Menteri Luar Negeri Suriah mengatakan, pemerintah Suriah akan ambil bagian dalam konferensi perdamaian Jenewa. Menurutnya, pertemuan ini adalah sebuah kesempatan yang baik bagi sebuah solusi politik atas perang sipil yang terjadi di Suriah.

"Rezim Pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad pada prinsipnya setuju untuk bepartisipasi dalam konferensi internasional yang rencananya akan diselenggarakan di Jenewa," ungkap Muallem dalam sebuah konferensi pers saat melakukan kunjungan dadakan ke Baghdad untuk bertemu dengan Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki dan Menlu Irak, Hoshyar Zebari.

"Menurut kami, konferensi internasional adalah kesempatan yang baik untuk menemukan sebuah solusi politik atas krisis yang terjadi di Suriah," papar Muallem.

Dalam kesempatan itu Muallem memukul negara yang mendukung pemberontak Suriah dengan kata-kata. "Negera di kawasan regional yang melakukan konspirasi untuk melawan Suriah adalah sama dengan negara yang mendukung aksi terorisme di Irak," tegasnya.

Muallem juga memuji operasi militer besar-besaran yang dilakukan pemerintah Irak untuk melawan militan Sunni di Irak barat. Operasi itu diluncurkan karena mereka khawatir wilayah tersebut akan digunakan kelompok miltan untuk melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

"Kami senang dengan langkah yang diambil tentara Irak dalam memerangi al-Qaeda. Ini merupakan masalah Irak-Suriah, karena militan yang berada di Suriah terhubung dengan mereka yang berada di Irak," ungkap Muallem. "Irak dan Suriah telah sepakat, bahwa wilayah Irak tidak boleh menjadi basis bahi musuh Suriah," imbuh Muallem.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6126 seconds (0.1#10.140)