Korsel diterpa serangan cyber

Rabu, 20 Maret 2013 - 19:49 WIB
Korsel diterpa serangan cyber
Korsel diterpa serangan cyber
A A A
Sindonews.com – Kepolisian Korea Selatan (Korsel) tengah menyelidiki serangan cyber pada sebuah perusahaan penyedia layanan internet yang berakibat pada padamnya server milik tiga lembaga penyiaran dan dua bank di negara itu, Rabu (20/3/2013).

Seperti dilaporkan Reuters, halaman jaringan internet yang disediakan oleh LG UPlus Corp menunjukkan bahwa halaman itu telah di hacked oleh sebuah kelompok yang menamakan dirinya "Whois Team". Kelompok hacker yang tidak dikenal ini menampilkan tiga tengkorak dan memperingatkan bahwa ini adalah awal dari "Gerakan kami".

“Serangan ini mempengaruhi server di jaringan televisi YTN, MBC, dan KBS. Selain itu juga menyerang dua bank besar, Shinhan Bank dan Nonghyup Bank,” ujar seorang pejabat polisi, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami turunkan tim untuk semua situs yang terkena. Saat ini kami sedang menilai situasi. Kejadian ini cukup besar dan akan memakan waktu beberapa hari untuk mengumpulkan bukti-bukti," kata seorang pejabat polisi.

Polisi dan pejabat pemerintah Korsel menolak untuk berspekulasi mengenai apakah serangan ini berasal dari Korea Utara (Korut). Sebelumnya, Korut memang telah mengeluarkan ancaman akan melancarkan serangan ke Korsel dan Amerika Serikat, pasca jatuhnya sanksi terbaru Dewan Keamanan PBB terhadap negara komunis itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4274 seconds (0.1#10.140)