Obama: Pemimpin Iran harus ambil langkah bermakna

Selasa, 19 Maret 2013 - 19:28 WIB
Obama: Pemimpin Iran harus ambil langkah bermakna
Obama: Pemimpin Iran harus ambil langkah bermakna
A A A
Sindonews.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengakui, bahwa upaya serius dan berkelanjutan diperlukan untuk menyelesaikan banyak perbedaan antara Iran dan AS. Pernyataan ini dilontarkan Obama Senin (18/3/2013), sesaat sebelum ia melakukan lawatan ke Timur Tengah.

"Sekarang adalah waktunya bagi pemerintah Iran untuk mengambil langkah-langkah segera dan bermakna guna mengurangi ketegangan dan bekerja ke arah penyelesaian abadi jangka panjang dari masalah nuklir," kata Obama.

Seperti yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, Obama menggunakan kesempatan perayaan tahun baru Iran untuk mendesak Teheran guna menyelesaikan perbedaan dengan Washington dan negara-negara Barat lainnya atas program nuklir iran.

"Para pemimpin Iran mengatakan, bahwa program nuklir mereka adalah untuk penelitian medis dan listrik. Sampai saat ini, bagaimanapun juga mereka telah mampu meyakinkan masyarakat internasional bahwa kegiatan nuklir mereka semata-mata untuk tujuan damai," kata Obama.

Obama mengatakan, AS lebih suka solusi damai diplomatik dibanding bersengketa. "Sedangkan jika pemerintah Iran terus menyusuri jalan saat ini, hal itu hanya akan semakin mengucilkan Iran,” tambah Obama. Presiden kulit hitam AS itu akan mengunjungi Israel dan Yordania, di mana topik Iran diperkirakan menjadi salah satu isu yang akan dibahas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6765 seconds (0.1#10.140)