Jutaan orang bakal hadiri pelantikan Paus

Senin, 18 Maret 2013 - 10:39 WIB
Jutaan orang bakal hadiri pelantikan Paus
Jutaan orang bakal hadiri pelantikan Paus
A A A
Sindonews.com - Persiapan menjelang pelantikan Paus Fransiskus terus dilakukan. AFP melaporkan, jutaan umat Katolik bakal berkumpul di lapangan St Peter untuk melihat langsung pelantikan paus dari jendela pada Selasa (19/3).

Sementara, kantor berita ANSA menyebutkan, setidaknya sekitar 200.000 orang bakal ikut menghadiri pelantikan tersebut. Sedikitnya lebih dari 1.000 polisi, 700 sukarelawan dan 50 petugas media telah disiapkan. Kota Roma juga menyelenggarakan Maraton Roma. Beberapa pelari membentangkan spanduk bertulisan “Maraton Roma Menyambut Paus Fransiskus”.

Paus berusia 76 tahun ini telah menarik hati sebagian warga Katolik dengan gaya informalnya yang sangat berbeda dengan para pendahulunya. Beberapa pemimpin dunia juga bakal menghadiri pelantikan paus. Presiden Argentina Cristina Kirchner yang sebenarnya memiliki hubungan kurang hangat dengan mantan uskup Buenos Aires, Jorge Mario Bergoglio, juga dijadwalkan hadir, termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang beragama Katolik.

Kemarin Paus Fransiskus menyampaikanvisiGerejauntuk pertama kalinya sejak terpilih sebagai pemimpin 1,2 miliar umat Katolik. Paus telah berbicara kepada para pemimpin Katolik mengenai pentingnya pembaruanspiritualdanevangelisasi. Paus Fransiskus juga menginginkan gereja untuk orang miskin. Itu sesuai dengan nama yang dipilihnya Fransiskus dari Assisi yang mencerminkan ”kemiskinan dan perdamaian”.

“Pada saat pemilihan, di sebelah saya duduk Uskup Agung emeritus Sao Paulo, Kardinal Claudio Hummes. Ketika situasi menegangkan, dia selalu menenangkan. Ketika suara mencapai dua pertiga, dia memeluk saya dan mengatakan ‘jangan lupa dengan orang miskin’, dan kata itu melekat pada saya, ‘orang miskin’ dan ‘orang miskin’,” kenang Paus Fransiskus, dikutip BBC.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6096 seconds (0.1#10.140)