Malaysia: Pemimpin kelompok bersenjata Kesultanan Sulu masih di Sabah

Rabu, 13 Maret 2013 - 17:03 WIB
Malaysia: Pemimpin kelompok...
Malaysia: Pemimpin kelompok bersenjata Kesultanan Sulu masih di Sabah
A A A
Sindonews.com - Polisi Malaysia masih melacak keberadaan Azzimudie Kiram, pemimpin kelompok bersenjata Kesultanan Sulu, Rabu (13/3/2013). Mereka menyakini, Azzimudie masih berada di Lahad Datu, Sabah.

"Sebagai seorang pemimpin, dia tidak akan lari dan meninggalkan pasukannya sendirian di sini. Dia harus memimpin keberadaan timnya di sini," ungkap Datuk Hamza Taib, Komisaris Polisi Sabah dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir The Star.

Hamza mengatakan, pertama-tama polisi harus memverifikasi identitas keluarga yang tinggal di Kampung Tanduo sebelum mengizinkan mereka semua kembali ke rumah mereka. "Pertama-tama, kami akan memverifikasi, apakah mereka adalah warga Malaysia atau warga asing. Apakah tanah yang mereka miliki adalah milik pribadi atau pemerintah," ungkap Hamza.

"Jika mereka punya hak atas tanah itu, maka mereka akan dibiarkan untuk tinggal. Jika tidak, kami akan menyuruh mereka (untuk kembali)," terang Hamza.

Hamza mengatakan, saat ini polisi masih menyelidiki kematian remaja laki-laki yang tewas di Kampung Tanjung Labian, pada hari ke 6 operasi Daulat di Lahad Datu. Seperti diketahui, Pasukan Keamanan Malaysia memutuskan melancarkan serangan habis-habisan melawan militan bersenjata Kesultanan Sulu pada 5 maret lalu.

Diyakini, kelompok tersebut bersembunyi di dekat Lahad Datu dan Sabah selama berminggu-minggu. Sebelumnya, pihak Kesultanan Sulu telah menawarkan gencatan senjata sepihak untuk menekan jumlah korban jiwa. Namun, Pemerintah Malaysia menolak tawaran itu. Menurut Perdana Menteri Malaysia, gencatan senjata akan dilakukan jika kaum militan meletakan senjata mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6410 seconds (0.1#10.140)