Pemberontak Suriah bebaskan 21 Penjaga Perdamaian PBB

Minggu, 10 Maret 2013 - 01:17 WIB
Pemberontak Suriah bebaskan...
Pemberontak Suriah bebaskan 21 Penjaga Perdamaian PBB
A A A
Sindonews.com – Setelah disandera selama tiga hari oleh pemberontak Suriah, akhirnya 21 tentara Filipina yang tergabung dalam pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Dataran Tinggi Golan dibebaskan, Sabtu (10/3/2013).

Para tentara ini dibawa oleh pemberontak Suriah ke perbatasan Yordania, sekitar 10 km dari Desa jamla, lokasi di mana konvoi pasuka Penjaga Perdamaian PBB disergap oleh pemberontak Suriah, tiga hari lalu.

"Saat ini, mereka semua berada di sisi Yordania dan mereka dalam kondisi kesehatan yang baik,” kata Abu Mahmoud, seorang pemberontak yang mengaku ikut menyeberang ke Yordania dengan 21 prajurit yang tergabung dalam misi PBB di Dataran Tinggi Golan (UNDOF).

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyambut pembebasan pasukan Penjaga Perdamaian. Ia meminta semua pihak untuk menghormati UNDOF. “Kami minta semua pihak menghargai kebebasan bergerak, keselamatan, dan keamanan personel UNDOF," kata juru bicara Ki-Moon, seperti dikutip dari Reuters.

Pemerintah Suriah sendiri mengaku terkejut dengan hal ini. Rezim Presiden Bashar al-Assad mengaku kecewa, bahwa diam-diam konvoi itu telah menyeberang perbatasan. “Ini akan mendorong teroris untuk mengulangi tindakan tersebut,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8759 seconds (0.1#10.140)