Pemilu Venezuela akan digelar 30 hari mendatang

Kamis, 07 Maret 2013 - 07:00 WIB
Pemilu Venezuela akan...
Pemilu Venezuela akan digelar 30 hari mendatang
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Venezuela, Elias Jaua mengatakan, Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengambil jabatan sebagai Presiden sementara Venezuela dan pemerintah akan menyelenggarakan pemilu dalam 30 hari mendatang.

"Ini adalah mandat yang diberikan oleh Presiden Hugo Chavez kepada kami," ungkap Jaua dalam sebuah siaran langsung di stasiun Tv Venezuela, seperti dilansir Reuters, Rabu (6/3/2013).

Jaua mengatakan, untuk menggantikan Chavez tidak ada prosedur konstitusi yang mutlak. Sayangnya, dalam kesempatan itu dia tidak merinci apakah Pemilu Presiden Venezuela akan digelar 30 hari mendatang atau tanggal pemilu yang akan ditetapkan dalam 30 hari mendatang.

Dalam tiga bulan terakhir sejak Chavez memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan sel kanker di Kuba, pemerintah dan oposisi Venezuela berselisih paham atas penafsiran konstitusi jika Chavez meninggal.

Pemimpin oposisi Venezuela, Henrique Capriles yang kalah dalam Pemilu Presiden Oktober lalu sempat mendesak pemerintah untuk bertindak tegas dalam menjalankan konstitusi yang ada. Sementara Diosdado Cabello, anggota oposisi lainnya

menyerukan Presiden Majelis Nasional untuk mengambil alih pemerintahan, bukan melimpahkan pada Wakil Presiden. Berdasarkan konstitusi, legislatif Venezuela harus mengambil alih jabatan Presiden, jika dia meninggal sebelum dilantik untuk periode masa jabatan baru. Tapi, jika presiden tersebut meninggal dalam masa pertama masa jabatanya, maka kekuasaan presiden yang berkuasa dilimpahkan kepada wakilnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7597 seconds (0.1#10.140)