Gempur loyalis Sulu, Malaysia kerahkan jet tempur

Selasa, 05 Maret 2013 - 19:44 WIB
Gempur loyalis Sulu, Malaysia kerahkan jet tempur
Gempur loyalis Sulu, Malaysia kerahkan jet tempur
A A A
Sindonews.com - Pasukan Malaysia yang didukung oleh jet tempur menyerbu perkemahan kelompok bersenjata Filipina, Selasa (5/3/2013). “Jet tempur membom daerah di kawasan Sabah, Malaysia Timur, sekitar 30 menit sebelum ratusan pasukan darat menyerbu masuk ke perkebunan kelapa sawit,” jelas seorang pejabat Malaysia, seperti dikutip dari Reuters.

Menurutnya, di perkebunan kelapa sawit itu diperkirakan ada sekitar 200 warga Filipina yang merupakan loyalis Kesultanan Sulu, bersembunyi. Pemerintah Malaysia tak menjelaskan secara rinci hasil dari rserangan itu. Mereka hanya menyatakan, tak ada tentara Malaysia yang menjadi korban dalam serangan ini.

Pemerintah Malaysia juga tak memberikan rincian, apakah jatuh korban di pihak loyalis Kesultanan Sulu. Hingga kini, setidaknya sudah 27 orang tewas di kedua belah pihak, dalam konflik bersenjata antara Pemerintah Filipina dengan loyalis Kesultanan Sulu di Sabah.

"Pemerintah harus mengambil tindakan yang tepat dalam rangka melestarikan kebanggaan dan kedaulatan negara ini," tegas Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak dalam sebuah pernyataan mengumumkan penyerangan.

Kelompok loyalis Sulu yang berada di Sabah menuntut pengakuan dan pembayaran dari Malaysia untuk klaim mereka sebagai pemilik yang sah dari Sabah, bagian dari pulau Kalimantan dan yang disewakan Kesultanan Sulu pada kolonial Inggris pada abad ke-19.

Malaysia telah menolak tuntutan itu dan Pemerintah Filipina telah berulang kali mengatakan kepada kelompok untuk meletakkan senjata dan pulang ke Filipina. Namun, kaum loyalis yang bersenjata itu menolak seruan kedua pemerintah, sehingga terjadilah bentrokan bersenjata.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6780 seconds (0.1#10.140)