Aktivis Israel minta pembebasan Pollard

Rabu, 27 Februari 2013 - 19:18 WIB
Aktivis Israel minta...
Aktivis Israel minta pembebasan Pollard
A A A
Sindonews.com - Aktivis keadilan meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk membebaskan seorang warga AS, Jonathan Pollard, yang dituding melakukan kegiatan mata-mata untuk Israel pada 1985 silam.

Aktivis ini setidaknya berhasil mengumpulkan 63 ribu tanda tangan sebagai bentuk petisi agar pemerintah AS mau membebaskan Pollard yang saat ini ditahan di penjara AS. Petisi ini diajukan bertepatan dengan jadwal kunjungan Obama ke Israel pada bulan depan.

Pollard, mantan analis Intelijen Angkatan Laut AS, dinyatakan bersalah pada 1985 karena melakukan kegiatan mata-mata di AS. Pemerintah Israel telah mencoba untuk memperoleh pembebasannya, namun tidak ada kemajuan yang telah dibuat sejauh ini.

Kabarnya, Pollard memenuhi standar pembebasan bersyarat dan mungkin akan dibebaskan pada November 2015 mendatang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kondisi kesehatan Pollard telah memburuk. Dia menderita penyakit kandung kemih ginjal dan empedu.

Tahun lalu, ia sempat pingsan di penjara dan dirawat di rumah sakit untuk jangka waktu yang panjang. Diharapkan, politisi Israel dan kelompok penekan akan meminta grasi bagi Pollard atas dasar kemanusiaan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)