Iran mengaku tembak jatuh pesawat pengintai asing

Minggu, 24 Februari 2013 - 23:07 WIB
Iran mengaku tembak jatuh pesawat pengintai asing
Iran mengaku tembak jatuh pesawat pengintai asing
A A A
Sindonews.com - Pengawal Revolusi Iran mengklaim telah berhasil menembak jatuh sebuah pesawat pengintai asing. Pesawat ini ditembak jatuh selama berlangsungnya latihan perang yang dilakukan militer Iran. Demikian dilaporkan kantor berita Iran, Sabtu (23/1/2013).

"Kami telah berhasil menjatuhkan pesawat musuh. Sebelumnya, kami juga sudah pernah melakukan hal ini,” kata Juru Bicara latihan perang Iran, Jenderal Hamid Sarkheli. Latihan perang itu sendiri digelar di wilayah Kerman, sebelah tenggara Iran.

Namun, Iran tidak memberikan rincian tentang milik siapa pesawat pengintai yang ditembak jatuh itu. Di Washington, Juru Bicara Pentagon mengaku telah mengetahui hal ini. Dia mencatat, bahwa Iran tidak secara spesifik mengklaim bahwa pesawat tak berawak itu adalah milik Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, Iran telah mengklaim berhasil menjatuhkan drone (pesawat tak berawak) milik AS. Pada Januari silam, media Iran melaporkan, bahwa negara itu telah menyergap dua drone milik AS dalam kurun 17 bulan terakhir.

Drone yang berhasil dilumpuhkan itu adalah drone jenis RQ 11 dan dipaksa turun oleh unit pertahanan udara Iran dalam dua insiden terpisahk, yakni pada Agustus dan November 2012.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6881 seconds (0.1#10.140)