Indonesia kecam uji coba nuklir Korut

Rabu, 13 Februari 2013 - 20:03 WIB
Indonesia kecam uji coba nuklir Korut
Indonesia kecam uji coba nuklir Korut
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa menuturkan, bahwa tindakan Republik Demokratik Rakyat Korea atau Korea Utara (Korut) yang memilih tetap melakukan uji coba nuklir, patut dikecam.

"Tindakan tersebut patut dikecam, sebab beresiko semakin memperluas penyebaran senjata pemusnah massal dan berpotensi menciptakan ketidakstabilan di kawasan, adalah hal yang tidak dapat diterima,"ujar Marty dalam keterangan pers-nya yang diperoleh Sindonews, Rabu (13/2/2013).

Pada tahapan yang kritis ini, kata dia, sangat penting bagi semua pihak untuk menahan diri dari berbagai aktivitas yang berdampak buruk terhadap perdamaian dan stabilitas.

Lebih dari sebelumnya, sambung dia, adalah sangat penting saat ini untuk mengedepankan diplomasi dan dialog dalam upaya memastikan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

"Indonesia menyerukan segera dimulainya kembali Six Party Talks dan digunakannya berbagai mekanisme dialog/konsultasi lainnya termasuk ASEAN Regional Forum (ARF),” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Pemerintah Indonesia sangat prihatin mendapati kenyataan Korut memilih tetap melakukan uji coba nuklir, meskipun terdapat himbauan dari berbagai pihak untuk tidak melakukan hal tersebut dan adanya kewajiban untuk mematuhi resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1718 (2006), 1874 (2009) dan 2087 (2013)
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6257 seconds (0.1#10.140)