Dubes RI untuk Zimbabwe raih Diplomat of the Year Asia

Selasa, 12 Februari 2013 - 20:46 WIB
Dubes RI untuk Zimbabwe raih Diplomat of the Year Asia
Dubes RI untuk Zimbabwe raih Diplomat of the Year Asia
A A A
Sindonews.com - Dubes RI untuk Zimbabwe, Eddy Poerwana meraih penghargaan "Diplomat of the Year Awards". Bersama Dubes India, Jeitendra Kumar Tripathi, dan Dubes Korea Selatan Lew Kwang-Chul, Eddy mendapatkan gelar "Diplomat of the Year Asia".

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Menteri Pariwisata Zimbabwe, Walter Mzembi dan Walikota Harare, Muchadeyi Masunda di Cresta Lodge Harare, Zimbabwe, akhir pekan lalu.

Diplomat of the Year merupakan penghargaan khusus terhadap partisipasi aktif ataupun sumbangsih Duta Besar ataupun Wakil Duta Besar yang berkedudukan di Zimbabwe selama menjalankan misi di negara akreditasi.

Ini juga merupakan suatu wadah di mana "Para konduktor besar Diplomasi" menerima penghargaan atas peran dan jasa mereka kepada masyarakat Zimbabwe. Diperkirakan, tidak kurang dari 50 Kepala Misi perwakilan hadir pada malam penganugrahan ini.

Program tahunan yang diselenggarakan oleh Majalah Diplomat Zimbabwe ini dimulai dengan sambutan dari penyelenggara Acara yakni Pimpinan Majalah Diplomat, Reginald Chapfunga.

"Diplomasi merupakan suatu amanah dari Pemerintah tiap negara untuk melaksanakan visi dan misi masing-masing dengan negara penerima dan tentunya untuk menjalin dan meningkatkan kerjasama di bidang-bidang yang telah disepakati," tutur Reginald, seperti dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (12/2/2013).

Bobot ataupun kualitas diplomasi suatu negara, lanjutnya, tergantung seberapa besar peran dan sepak terjang Kepala Perwakilan selama melaksanakan tugasnya.

Menteri Pariwisata dan Hospitality Zimbabwe, Walter Mzembi menyatakan, bahwa program seperti ini secara tidak langsung dapat menjadi promosi untuk lebih menggaungkan nama Zimbabawe khusunya dalam rangka menyambut sidang umum UNWTO yang menurut rencana akan dilaksanakan pada Agustus mendatang di Victoria Falls.

Para penerima penghargaan dibagi menurut wilayahnya masing-masing diantaranya: pemenang untuk "Diplomat of the Year dari Eropa" H.E. Aldo Dell'Ariccia Dubes Uni Eropa, H.E. Stefano Moscatelli, Dubes Italia dan H.E. Ingebjørg Støfring, Dubes Norwegia.

Untuk wilayah Timur Tengah Diplomat of The Year diraih oleh, H.E. Hashem Dajani, Dubes Palestina, disusul oleh H.E. Abdullah Jumah Al-Sharhan, Dubes Kuwait kemudian H.E. Bassem Khalil, Dubes Mesir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6280 seconds (0.1#10.140)