Indonesia mitra penting bagi Jerman

Senin, 11 Februari 2013 - 16:36 WIB
Indonesia mitra penting...
Indonesia mitra penting bagi Jerman
A A A
Sindonews.com - Indonesia merupakan mitra penting bagi Jerman. "Jerman menjadikan Indonesia contoh sukses bagaimana suatu negara dapat keluar dari krisis ekonomi dan menjadi negara yang ekonominya berkembang pesat," demikian disampaikan Menlu Jerman DR. Guido Westerwelle dalam konferensi pers bersama Menlu RI, Marty M. Natalegawa di Pejambon, Senin (11/2/2013) siang.

Dalam pertemuan bilateral, kedua Menteri Luar Negeri membahas berbagai tindak lanjut hasil kunjungan kunjungan Kanselir Jerman. RI-Jerman memiliki kerja sama yang erat sebagaimana terangkum dalam dokumen kemitraan Deklarasi Jakarta, yang diluncurkan oleh Presiden RI dan Kanselir Jerman Angela Merkel di Jakarta, pada 10 Juli 2012.

"Kami telah membahas beberapa isu prioritas guna menindaklanjuti kemitraan komprehensif ini", jelas Marty. Untuk itu, sambung Marty, kedua Menlu sepakat untuk membentuk suatu dialog strategis yang rutin antara dua negara.

"Forum ini nantinya akan membahas berbagai isu bilateral, regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama," jelasnya.

Kedua Menteri Luar Negeri sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam rangka mendorong kemitraan kedua negara, khususnya kerja sama prioritas dengan formula 5+3 bidang, yaitu ekonomi, kesehatan, pendidikan, riset dan teknologi, industri pertahanan, ketahanan pangan, ketahanan energi dan transportasi.

Kedua Menlu juga membahas persiapan rencana kunjungan kenegaraan Presiden RI ke Jerman atas undangan Presiden Republik Federal Jerman, Joachim Gauck yang dijadwalkan pada 3-6 Maret 2013.

"Kunjungan Presiden RI ke Jerman ini semakin menekankan betapa pentingnya Indonesia bagi Jerman", ujar Menlu Guido kepada seluruh media yang hadir.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Presiden RI dan Kanselir Jerman akan membahas berbagai perkembangan pasca kunjungan Kanselir Merkel ke Indonesia pada 2012.

Secara khusus, kedua Menteri Luar Negeri juga membahas mengenai penyelenggaraan pameran pariwisata internasional, International Tourism Bourse (ITB) Berlin pada 5 Maret 2013 yang akan dihadiri Presiden RI. Indonesia akan menjadi negara mitra (partner country) dalam pameran tersebut.

Selain ITB, Kedua Menlu juga membahas persiapan keikutsertaan Indonesia sebagai negara mitra pada pameran BAUMA (Trade Fair on Infrastructure and Construction) yang akan berlangsung di kota Munich pada 15-21 April 2013.

Kesempatan pertemuan bileral tersebut juga dimanfaatkan oleh Kedua Menlu untuk membahas dan menyepakati upaya-upaya intensif guna meningkatkan hubungan perdagangan, khususnya untuk dapat meraih target volume perdagangan sebesar USD12 miliar pada 2015.

Untuk itu, Menlu RI menyambut baik keikutsertaan delegasi bisnis dalam kunjungan Menlu Jerman ke Indonesia kali ini. Hal ini didasarkan pada masih banyaknya peluang yang belum dimanfaatkan oleh kedua negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)