Menlu Jerman akan kunjungi candi Borobudur

Jum'at, 08 Februari 2013 - 16:23 WIB
Menlu Jerman akan kunjungi candi Borobudur
Menlu Jerman akan kunjungi candi Borobudur
A A A
Sindonews.com – Ada yang istimewa dalam kunjungan Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle ke Indonesia pada 10-11 Februari mendatang. Pria berusia 51 tahun ini ternyata tidak langsung menjejakkan kaki di Jakarta, tapi lebih memilih untuk mengunjungi Solo, Jawa Tengah, dan Candi Borobudur terlebih dahulu.

Mengapa? “Jangan tanya mengapa dia memilih Borobudur. Bagi dia, candi itu merupakan salah satu warisan dunia yang terkenal, dan harus dikunjungi jika ke Indonesia,” ujar Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel,di Kedubes Jerman, di Jakarta kemarin.

“Di Solo, Jawa Tengah, Menlu Westerwelle akan bertemu pejabat UNESCO dan wakil dari kantor konservasi Borobudur, di mana Jerman telah melakukan kontribusi pada bangunan yang menjadi warisan di dunia.

”Dari Solo, Westerwelle baru akan terbang menuju Jakarta. Dia akan menemui serta melakukan pembicaraan bilateral dengan Menlu Indonesia Marty Natalegawa. Kedua Menlu itu bakal membahas Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, dan ASEAN. Selain itu, Westerwelle dan Marty juga akan membahas isu tentang perdamaian global, keamanan, konflik, serta kemajuan bangsa. “Jerman telah banyak memberikan partisipasi aktif untuk turut menjaga perdamaian dunia," papar Witschel.

“Isu lainnya mungkin akan mengangkat seputar Laut China Selatan, sengketa teritorial, hukum laut internasional. Konflik Timur Tengah dan Afrika, seperti konflik Mali, Suriah, dan Israel-Palestina.”

Setelah bertemu Marty, Westerwelle dijadwalkan akan bertemu Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Le Luong Minh, namun disampaikan saat ini waktunya masih belum ditentukan.

Dalam kunjungan ke Indonesia, Westerwelle akan ditemani oleh delapan delegasi ekonomi tertinggi dan bersama Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan, dia akan menjadi pembicara dalam pertemuan bisnis yang dihadiri oleh pebisnis Indonesia atau Jerman seperti Indonesian Chamber of Commerce and Inustry (Kadin) dan German-Indonesian Chamber of Industry and Commerce (EKONID).

Berdasarkan pada hubungan kemitraan yang erat kedua negara,Jerman dan Indonesia telah berbagi visi untuk bekerja sama dalam membentuk agenda global dan arsitektur. Kunjungan menlu Jerman ini pun didasarkan pada pemberian kontribusi lebih maju, serta memperdalam kerja sama bilateral dan diplomatik ASEAN.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6267 seconds (0.1#10.140)