Mei 2013, Israel rampungkan pembangunan rumah sakit bawah tanah

Kamis, 07 Februari 2013 - 23:37 WIB
Mei 2013, Israel rampungkan pembangunan rumah sakit bawah tanah
Mei 2013, Israel rampungkan pembangunan rumah sakit bawah tanah
A A A
Sindonews.com – Israel terus melakukan pembangunan rumah sakit bawah tanah pertama di negara itu di Kota Haifa, sebelah utara Israel. Seperti dilaporkan harian Ma’ariv, Kamis (7/2/2013), direncanakan rumah sakit itu akan rampung pada Mei 2013.

Menurut laporan itu, fasilitas rumah sakit bawah tanah akan melindungi pasien dan staf dari setiap serangan rudal, baik biologis atau kimia yang dilancarkan oleh musuh-musuh Israel. Pembangunan konstruksi rumah sakit ini dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat antara Israel dengan dua musuh utamanya, Suriah dan Libanon.

Fasilitas tiga lantai yang terletak di bawah tanah itu dirancang menjadi fasilitas medis bawah tanah terbesar di dunia. Rumah sakit ini akan mampu menampung 2.000 pasien. Laporan Ma’ariv menyebut, negara yahudi itu menghabiskan USD500 juta untuk membangun rumah sakit tersebut.

Proyek ini mulai dirancang setelah Israel terlibat perang dengan Libanon pada 2006. Saat itu, Hizbullah menembakkan puluhan rudal jarak jauh ke wilayah utara Israel. Haifa yang merupakan kota terbesar ketiga di Israel, juga menjadi sasaran serangan rudal Hizbullah.

"Fakta bahwa kita dapat membuat hal ini dalam waktu yang singkat adalah sebuah kesuksesan," kata Prof Rafi Biar, Manajer Operasional rumah sakit.

"Untuk mempersiapkan rumah sakit menghadapi serangan, kami memiliki sistem jaringan tertutup untuk listrik, komunikasi, oksigen, dan air," kata Arie Berkowitz, Direktur Departemen Konstruksi yang bertanggung jawab untuk proyek tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5191 seconds (0.1#10.140)