Calon Presiden Paraguay tewas akibat kecelakaan helikopter

Senin, 04 Februari 2013 - 20:59 WIB
Calon Presiden Paraguay tewas akibat kecelakaan helikopter
Calon Presiden Paraguay tewas akibat kecelakaan helikopter
A A A
Sindonews.com - Calon Presiden Paraguay, Lino Oviedo (69) tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter, Sabtu 2 Februari malam. Helikopter yang ditumpangi Oviedo jatuh dalam perjalanan menuju Asuncion, setelah kembali dari sebuah kampanye di utara Paraguay.

Oviedo, pengawal, serta pilot helikopter itu tewas seketika. Hingga kini, belum diketahui penyebab kecelakaan itu. Namun, indikasi awal menunjukkan, helikopter itu terjebak dalam badai sebelum jatuh di sebuah peternakan sapi.

"Pada titik ini, semua hipotesis terbuka," kata Direktur Penerbangan Sipil, Carlos Fugarazzo. Menurutnya, bahwa para ahli asing akan dipanggil untuk menyelidiki kecelakaan itu.

Oviedo adalah mantan kepala militer Paraguay. Kematiannya dikonfirmasi melalui Senator Herminio Chena, yang dekat dengan keluarga Oviedo. "Sulit bagi kita untuk menerimanya. Kita tidak bisa percaya," kata Chena.

Tapi, ada klaim langsung bahwa penyebab jatuhnya helikopter itu bukanlah akibat kecelakaan. Diego Galeano, saudara pengawal Oviedo, Denis Galeano mengatakan, bahwa ada kecurigaan kuat helikopter itu ditembak. Namun, Galeano tak memberi bukti apa pun.

Oviedo adalah calon presiden kontroversial. Ia sempat dituduh mendalangi kudeta di Paraguay dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Setelah bertahun-tahun bersembunyi di Argentina dan Brasil, Oviedo kembali ke Paraguay pada 2004.

Ia menghabiskan waktu di penjara dan setelah perdebatan hukum, Oviedo mendapatkan kembali hak-haknya yang dipulihkan oleh Mahkamah Agung.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5574 seconds (0.1#10.140)