Myanmar gelar dialog dengan pemberontak Kachin

Senin, 04 Februari 2013 - 17:42 WIB
Myanmar gelar dialog...
Myanmar gelar dialog dengan pemberontak Kachin
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Myanmar hari ini mengelar putaran baru perundingan dengan Tentara Independen Kachin (KIA) di Ruili, China, Senin (4/2/2013). Seperti dilansir Reuters, perundingan ini merupakan awal baru dari pembicaraan damai kedua belah pihak, sejak kegagalan 11 perundingan sebelumnya.

Perundingan ini dihadiri oleh Aung Min, menteri dari kantor kepresidenan Myanmar. Sementara dari pihak pemberontak diwakili oleh Maw Gun, Jendral tertinggi ke dua dalam tubuh pemberontak Kachin.

"Penting atau tidaknya perundingan ini ditentukan dengan kehadiran Maw Gun dalam perundingan ini," ungkap sumber pemerintah Myanmar, seperti dilansir Reuters.

Dalam pembicaraan kali ini, kedua belah pihak akan meletakan dasar tujuan untuk memulai kembali perundingan damai guna mengakhiri konflik bersenjata yang dilancarkan oleh KIA. Kelompok yang mengangkat sejata sejak Myanmar merdeka dari Inggris pada 1948, adalah satu-satunya pemberontak yang menolak seruan damai saat Presiden Myanmar Thein Sein memulai serangkaian reformasi di sistem politik Myanmar pada 2010 silam.

Pada Oktober 2012 lalu, Gun Maw absen saat diminta untuk menghadiri pembicaraan damai dengan pemerintah. Sikap itu menjadi sebuah tamparan bagi Jenderal militer Myanmar yang sebelumnya telah bekerja keras untuk meyakinkan KIA untuk menghadiri.

Reformasi telah berlangsung di Myanmar sejak pemilu, November 2010. Saat itu, pemerintahan militer diganti dengan pemerintah yang didukung oleh militer dan sipil dan dipimpin oleh Presiden Thein Sein. Di bawah pemerintahan Sein, sejumlah tahanan politik telah dibebaskan dan sensor diperlonggar. Salah satu tahanan politik yang dibebaskan adalah pemimpin oposisi, Aung San Suu Kyi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0615 seconds (0.1#10.140)