Coba selundupkan 20 gading gajah, polisi Thailand ditangkap

Minggu, 03 Februari 2013 - 20:21 WIB
Coba selundupkan 20 gading gajah, polisi Thailand ditangkap
Coba selundupkan 20 gading gajah, polisi Thailand ditangkap
A A A
Sindonews.com - Seorang anggota Kepolisian Thailand ditangkap, Minggu (3/2/2013), setelah ia mencoba menyelundupkan 20 gading gajah. Saat ditangkap, tersangka tengah mengemudikan mobil dinasnya, namun mengenakan pakaian preman.

“Mobil itu lalu dihentikan di pos pemeriksaan di selatan Provinsi Chumphon,” kata Kolonel Polisi Chalard Polnakarn. Kami menemukan 10 pasang gading gajah di dalam van itu dan menuduhnya dengan kepemilikan ilegal gading gajah. Selama penyelidikan, ia mengakui hal ini,” lanjutnya.

Sejak 1989, perdagangan internasional gading gajah telah dilarang. Namun, akhir-akhir ini permintaan akan gading gajah ilegal kembali marak. Hal ini disebabkan tingginya permintaan dari kawasan Asia dan Timur Tengah. Di dua wilayah ini, gading gajah digunakan dalam obat-obatan tradisional dan untuk ornamen hiasan.

Kelompok penyayang binatang, Freeland, memuji penangkapan ini. Freeland menyebutnya sebagai tindakan gagah berani dalam memerangi korupsi untuk melindungi satwa liar.

"Kita perlu lebih banyak petugas seperti mereka untuk melawan bentuk baru dari kejahatan terorganisasi transnasional," kata pemimpin Freeland, Steven Galster dalam sebuah pernyataan. Freeland mengatakan, bahwa dalam satu tahun terakhir ribuan gading telah disita, karena coba diselundupkan ke Asia dari Afrika.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5434 seconds (0.1#10.140)