Rudal patriot NATO mulai beroperasi di Turki

Minggu, 27 Januari 2013 - 11:13 WIB
Rudal patriot NATO mulai beroperasi di Turki
Rudal patriot NATO mulai beroperasi di Turki
A A A
Sindonews.com – Satu dari enam rudal patriot NATO yang diletakan di sepanjang perbatasan Turki dengan Suriah, Sabtu (26/1/2013) kemarin mulai beroperasi.

"Di belakang kami ini merupakan rudal patriot NATO pertama yang mulai beroperasi saat ini. Rudal tersebut beroperasi dibawah perintah dan kendali NATO," ungkap Juru Bicara penempatan rudal patriot, Letnan Kolonel Angkatan Darat Polandia Dariusz Kacperczyk seperti dilansir Reuters, Minggu (27/1/2013).

Kacperczyk mengatakan rudal patriot milik Belanda ini akan melindungi 1,6 juta penduduk kota Adana. Rudal patriot ini diletakan di sebelah bandara yang terletak di Kota Adana, 120 km dari perbatasan Suriah. Sementara, satu rudal patriot milik Belanda lainya diletakan di wilayah timur Turki, tepatnya di pangkalan udara Turki - Amerika Serikat (AS).

"Lima rudal patrot lainya akan mulai beroperasi dalam beberapa hari mendatang," imbuh Kacperczyk.

Semua perintah operasional rudal patriot NATO terkoneksi langsung dengan Ramstein di Jerman, pusat perintah dan kontrol enam rudal. Serangan pencegahan akan dilakukan oleh rudal patriot setelah mereka mendapatkan informasi dari Ramstein bahwa ada serangan rudal datang dari Suriah.

Dalam kesempatan itu Kacperczyk kembali menegaskan bahwa penempatan enam rudal patriot NATO di wilayah perbatasan Turki sebatas tujuan pertahanan dan bukan ditempatkan untuk mendukung zona larangan terbang ataupun berbagai operasi pertahanan lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5130 seconds (0.1#10.140)