Lagi, pelaut AS berulah di Jepang

Senin, 21 Januari 2013 - 23:15 WIB
Lagi, pelaut AS berulah di Jepang
Lagi, pelaut AS berulah di Jepang
A A A
Sindonews.com – Seolah tak pernah jera, lagi-lagi seorang anggota militer Amerika Serikat di Jepang berulah. Seperti dikutip dari Japan Today, Senin (21/1/2013), seorang anggota Angkatan Laut (AL) AS, Manuel Silva (20) diduga melakukan tindakan kriminal.

Silva yang tengah mabuk, menerobos masuk ke dalam lingkungan sebuah rumah milik seorang wanita tua berusia 72 tahun di kota pelabuhan Yokosuka. Kepolisian Jepang yang mendapat panggilan darurat, langsung meluncur ke lokasi kejadian dan menemukan Silva tengah berbaring di halaman rumah itu.

Saat ditangkap, pelaut yang bertugas di kapal kapal induk AS George Washington itu mengaku memasuki properti itu karena dipanggil oleh seorang perwira polisi. Ucapan itu tentu tak dipercaya oleh polisi Jepang, yang langsung membawanya ke tahanan.

Ini adalah kasus terbaru dari serangkaian insiden yang melibatkan personel militer AS yang ditugaskan di Jepang. Komandan militer AS di Jepang telah menerapkan jam malam dan larangan meminum alkohol di luar pangkalan bagi semua personel militer AS yang ditempatkan di Jepang. Namun nampaknya, tak semua personel mematuhi larangan ini.

Warga dan pejabat Jepang telah berulangkali menyampaikan protes atas sikap memalukan personel-personel militer AS di Jepang. Namun, insiden terus terjadi. Kondisi ini kian meningkatkan sentimen anti AS di Jepang. Terlebih setelah tahun lalu, dua personel militer AS melakukan perkosaan terhadap seorang wanita Jepang di Okinawa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5976 seconds (0.1#10.140)