Iran berencana buka Kedubes di Myanmar

Senin, 21 Januari 2013 - 22:38 WIB
Iran berencana buka Kedubes di Myanmar
Iran berencana buka Kedubes di Myanmar
A A A
Sindonews.com – Republik Islam Iran akan meningkatkan hubungan diplomatik dengan Myanmar. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Parlemen Iran untuk Bidang Keamanan Nasional dan Komisi Kebijakan Luar Negeri, Seyyed Hossein Naqavi-Hosseini, Minggu 20 Januari.

“Republik Islam Iran akan berusaha untuk membuka Kedutaan Besar di Myanmar,” ujar Hosseini, seperti dikuti dari Press TV. Menurutnya, Pemerintah Myanmar telah mempertimbangkan tawaran Iran untuk mendirikan kedutaan besar di negara tersbut dan persiapan ke arah itu telah dibuat.

“Pemerintah Thailand juga telah memberikan bantuan besar dalam hal ini,” lanjutnya. Ia menambahkan, bahwa selama kunjungan delegasi parlemen Iran ke Myanmar baru-baru ini, kedua belah pihak telah mempelajari situasi Muslim Rohingya di negara ini.

Sebagai negara muslim, Iran memang memiliki perhatian besar pada nasib kaum muslim minoritas di Myanmar, Rohingya. Pada pekan lalu, delegasi Parlemen Iran meninggalkan Teheran menuju Myanmar untuk mempelajari situasi muslim Rohingya.

Pemerintah Iran telah menyatakan keprihatinan serius atas serangan umat Budha terhadap kaum Muslim di Myanmar dan menyerukan kepada PBB untuk mengadopsi langkah-langkah praktis untuk mengakhiri kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Myanmar.

Pada akhir pekan lalu, Palang Merah Iran telah mengirimkan 30 ton kargo bermuatan bantuan kemanusiaan bagi Muslim Rohingya di Myanmar. Bantuan yang dikirimkan berupa bahan makanan dan kebutuhan dasar lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6789 seconds (0.1#10.140)