Dalam satu hari, listrik padam 14 jam di Nepal

Minggu, 20 Januari 2013 - 09:30 WIB
Dalam satu hari, listrik padam 14 jam di Nepal
Dalam satu hari, listrik padam 14 jam di Nepal
A A A
Sindonews.com – Turunnya debit air di sungai akibat musim dingin, telah menimbulkan kesengsaraan bagi warga Nepal. Akibat sungai yang mengering, pembangkit listrik tenaga air tak bisa beroperasi maksimal.

Saat ini, pembangkit listrik hanya bisa menyediakan 425 megawatt (MW). Padahal, kebutuhan listrik mencapai 1.025 MW. Akibatnya, dalam satu hari, listrik di Nepal padam selama 14 jam. Selain itu, listrik impor dari India juga menurun drastis, dari 115 MW menjadi hanya 85 MW.

Kondisi ini memperburuk kehidupan sehari-hari warga Nepal. "Produksi listrik yang rendah, ditambah menurunnya impor listrik adalah penyebab utama di balik perluasan jam pemadaman," jelas Bhuwan K Chhetri, Kepala Departemen Sistem Operasi Otoritas Listrik Nepal, seperti dikutip dari Kathmandu Post, Sabtu (19/1/2013).

Beberapa bulan lalu, Pemerintah Nepal telah meluncurkan program untuk memastikan bahwa pemadaman listrik tidak melebihi 12 jam sehari. Namun, tak satu pun dari langkah-langkah itu yang berhasil dijalankan.

Tahun lalu, pemadaman listrik di negara kaya sumber daya air itu telah mencapai 16 jam sehari dan dikhawatirkan bahwa masalah yang sama akan terjadi lagi, jika langkah-langkah yang disarankan tidak segera dilakukan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9480 seconds (0.1#10.140)
pixels