Jepang akan tingkatkan pertahanan di sekitar pulau sengketa

Senin, 14 Januari 2013 - 23:37 WIB
Jepang akan tingkatkan pertahanan di sekitar pulau sengketa
Jepang akan tingkatkan pertahanan di sekitar pulau sengketa
A A A
Sindonews.com – Jepang mengaku akan meningkatkan pertahanan di sekitar kepulauan Senkaku, yang disengketakan dengan China. Menurut sebuah laporan, Jepang setidaknya akan mengirim dua kapal patroli untuk meningkatkan pertahanan di wilayah perairan sekitar kepulauan itu.

“Kapal akan ditempatkan di markas penjaga pantai daerah, yang meliputi pulau-pulau Senkaku di Timur Laut Cina. Kepulauan ini juga dikenal sebagai Diaoyus di China,” sebut laporan stasiun televisi Jepang, NHK, Senin (14/1/2013).

Kapal perang Kurose yang berbobot 335 ton dan kapal Chikuzen yang berbobot 3.100 ton dan mampu memuat helikopter akan ditempatkan di kawasan itu pada Agustus dan Oktober mendatang.

Jepang memang terus memamerkan kemampuan militer mereka, menyusul sejumlah insiden di kepulauan sengketa itu. Pada akhir pekan lalu, Pasukan Bela Diri Jepang melakukan latihan militer pertama yang dirancang untuk merebut sebuah pulau terpencil.

Sekitar 300 tentara ikut ambil bagian dalam latihan 40 menit dengan 20 pesawat tempur dan lebih dari 30 kendaraan militer di Garrison Narashino, di Chiba, Tokyo Tenggara.

"Kami akan memperkuat penyebaran Angkatan Bela Diri dalam menanggapi keamanan lingkungan di sekitar negara kita," kata Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5610 seconds (0.1#10.140)