Mortir Suriah masuk ke Turki

Senin, 14 Januari 2013 - 20:48 WIB
Mortir Suriah masuk ke Turki
Mortir Suriah masuk ke Turki
A A A
Sindonews.com - Sebuah mortir yang berasal dari perang saudara Suriah masuk ke dalam wilayah Turki, Senin (14/1/2013). “Mortir itu jatuh di sebuah lapangan yang terletak di Desa Akcabagla, 3 km dari kamp penungsi Kilis. Kamp ini dihuni oleh pengungsi Suriah di Turki,” sebut laporan kantor berita Anatolia.

Tidak ada yang terluka oleh mortir yang menimbulkan lubang sedalam 1,5 m dengan diameter 8 m ini. Kamp ini sendiri berada di sepanjang perbatasan Turki-Suriah. Tak ada pejabat Turki yang bisa dimintai komentar atas insiden ini.

Diduga mortir ini adalah amunisi yang ditembakan oleh militer Suriah dalam upaya melemahkan kekuatan kaum pemberontak. Dilaporkan, sebuah pesawat tempur pemerintah Suriah membombardir posisi pemberontak di kota Suriah Azaz pada akhir pekan lalu. Kota ini hanya berjarak 10 km dari lokasi jatuhnya mortir.

Hal seperti inilah yang sesungguhnya dikhawatirkan oleh Pemerintah Turki. Itu sebabnya mereka meminta NATO untuk menempatkan sejumlah sistem pertahanan rudal Patriot di wilayah perbatasan Turki-Suriah. Sejumlah sistem pertahanan rudal Patriot sedang dalam perjalanan lewat jalur laut menuju Turki.

Selain mengirim sistem pertahanan rudal Patriot, tiga negara anggota NATO, Amerika Serikat, Belanda, dan Jerman juga mengirim ratusan tentaranya untuk mengoperasikan sistem pertahanan rudal Patriot itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4890 seconds (0.1#10.140)