Iran tutup PLTN utamanya

Rabu, 09 Januari 2013 - 21:09 WIB
Iran tutup PLTN utamanya
Iran tutup PLTN utamanya
A A A
Sindonews.com - Organisasi Energi Atom Iran (IAEO) mengatakan, satu-staunya pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Iran yang terkait dengan jaringan listrik energi nasional, sudah sejak dua bulan terakhir tidak beroperasi, Rabu (9/1/2013).

"Tidak ada masalah khusus yang mengganggu operasional PLTN tersebut," ungkap Fereydoon Abbasi Davani, Kepala IAEO, seperti diberitakan dalam naharnet.com

Davani menerangkan, PLTN yang pembangunan awalnya dilakukan oleh Jerman, sebelum revolusi Islam 1979 Iran dan diselesaikan oleh perusahaan Rusia Rosatom, mengalami gangguan karena sejumlah penundaan dan masalah teknis.

Sebelumnya, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) November melaporkan, bahwa bahan bakar yang terdapat dalam reaktor yang terletak Bushehr telah dikeluarkan dan ditutup. Sementara itu, sejumlah diplomat Barat mengatakan, bahwa langkah tersebut datang karena ada kekhawatiran atas keselamatan di fasilitas itu.

Namun, Iran hanya diam dan menepis spekulasi tersebut. "Pembongkaran bahan bakar tersebut dilakukan karena menyangkut masalah teknis dan bagian dari prosedur rutin," ungkap pemerintah Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5577 seconds (0.1#10.140)