Ribuan kaum Sunni Irak kembali berunjuk rasa

Sabtu, 05 Januari 2013 - 08:00 WIB
Ribuan kaum Sunni Irak kembali berunjuk rasa
Ribuan kaum Sunni Irak kembali berunjuk rasa
A A A
Sindonews.com – Ribuan Muslim Sunni di Irak kembali mengelar aksi unjuk rasa di Baghdad, Jumat (4/1/2013). Para demonstran menuntut Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki untuk membebaskan para tahanan kaum Sunni yang saat ini mendekam di penjara-penjara Irak.

Seperti dikutip dari dailystar, para pengunjuk rasa berkumpul di Masjid Abu Hanifa, di lingkungan yang sebagian besar dihuni oleh kaum Sunni Adhamiyah. Pasukan keamanan Irak melarang para demonstran untuk meninggalkan kompleks masjid.

Para pengunjuk rasa memegang spanduk yang menyerukan pembebasan massal tahanan, penerapan HAM di dalam penjara Irak, dan pencabutan undang-undang anti-teror yang saat ini diterapkan Pemerintah Irak.

Mereka telah menyerukan pembebasan tahanan, yang mereka katakan ditahan karena latar belakang mereka yang berasal dari kaum Sunni. Mereka juga meminta diakhirinya penyalahgunaan undang-undang anti-teror oleh kaum Syiah yang menguasai Pemerintah Irak.

"Berapa lama lagi akan anak-anak kita tinggal di penjara tanpa alasan lain, selain karena mereka adalah keturunan Sunni," tanya seorang demonstran, Abu Abdullah.

Seorang pengunjuk rasa lainnya, Umm Mohammed mengatakan, saat ini anak-anaknya mendekam di dalam penjara. "Ketiga anak saya ditangkap empat tahun lalu tanpa alasan dan saya meminta Maliki membebaskan mereka," katanya.

Protes dimulai pada 23 Desember lalu. Aksi protes ini dipicu oleh penangkapan sedikitnya sembilan pengawal Menteri Keuangan Rafa al-Essawi, seorang Arab Sunni dan anggota terkemuka dari blok Sunni.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6357 seconds (0.1#10.140)