Fatah rayakan hari jadi di Jalur Gaza

Jum'at, 04 Januari 2013 - 19:28 WIB
Fatah rayakan hari jadi di Jalur Gaza
Fatah rayakan hari jadi di Jalur Gaza
A A A
Sindonews.com - Ratusan ribu pendukung Fatah berkumpul di Jalur Gaza, Jumat (4/1/2013), untuk merayakan ulang tahun ke-48 berdirinya gerakan nasionalis Palestina ini. Ini adalah kali pertama Fatah merayakan HUT mereka di Jalur Gaza, pasca terjadinya gesekan dengan penguasa Gaza, Hamas pada 2007 silam.

Setelah terjalinnya kesepakatan untuk melakukan rekonsiliasi, Hamas dan Fatah saling bergandengan tangan dan berjanji untuk menyingkirkan perbedaan pendapat demi tercapainya kemerdekaan abadi bangsa Palestina.

Pendukung Fatah telah berkumpul di alun-alun al-Saraya, Gaza, sejak Kamis 3 Januari malam. Mereka bersiap untuk menggelar perayaan besar-besaran faksi kebanggaan mereka itu.

“Pendukung dari selatan Gaza melakukan perjalanan ke Kota Gaza pada tengah hari untuk bergabung dengan perayaan,” kata Atef Abu Saif, seorang pemimpin Fatah di Gaza, seperti dikutip dari kantor berita Ma’an.

“Hampir satu juta orang, baik pendukung Fatah dan maupun non-Fatah berkumpul di al-Saraya untuk bergabung dalam perayaan ulang tahun Fatah,” kata Pemimpin Senior Fatah, Jamal Obeid.

Kementerian Dalam Negeri Gaza mengatakan, bahwa pasukan keamanan berada di tempat perayaan untuk menjamin keamanan para pejabat publik dan Otoritas Palestina. Mereka juga akan memfasilitasi pergerakan orang dan lalu lintas di Kota Gaza.

"Keberhasilan perayaan ini adalah keberhasilan bagi Fatah dan juga Hamas," kata Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zuhri. "Suasana yang positif merupakan langkah awal dalam perjalanan untuk mendapatkan kembali persatuan nasional," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7632 seconds (0.1#10.140)