Iran berharap pembicaraa nuklir segera dilakukan

Kamis, 03 Januari 2013 - 08:00 WIB
Iran berharap pembicaraa nuklir segera dilakukan
Iran berharap pembicaraa nuklir segera dilakukan
A A A
Sindonews.com – Iran berharap pembicaraan dengan enam negara besar di dunia tentang pengembangan program nuklir Iran bisa segera dilakukan. Pekan lalu, media Rusia mengatakan, bahwa negara yang tergabung dalam P5+1, yakni Amerika Serikat, Rusia, Perancis, Inggris, Jerman dan China masih bernegosiasi dengan Iran soal tanggal dan tempat perundingan.

"Kami memberikan proposal kami ke Rusia dan mereka menyatakan kesiapan mereka untuk merancang ulang pembicaraan. Kami menyambut tawaran mereka," kata Saeed Jalili, Sekretaris Dewan Nasional Keamanan Iran, Rabu (2/1/2013), seperti dikutip dari Reuters.

Menurutnya, memang belum didapat waktu dan tempat pasti lokasi perundingan. "Tempat dan waktu belum selesai dibicarakan. Tapi, kami berharap bahwa pembicaraan akan segera dimulai,” lanjut Jalili di New Delhi, India. Beberapa hari terakhir ini, Jalili memang tengah melakukan lawatan ke India.

Hingga kini, sejumlah negara Barat masih mengkhawatirkan pengembangan uranium yang dilakukan oleh Iran. Mereka menganggap, Iran melakukan itu untuk mengembangkan bom nuklir, hal yang dibantah tegas oleh Republik Islam Iran. Menurut Iran, mereka mengembangkan program nuklir untuk tujuan damai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6521 seconds (0.1#10.140)