Operasi gabungan tewaskan seorang pemimpin Taliban lokal

Selasa, 01 Januari 2013 - 18:17 WIB
Operasi gabungan tewaskan...
Operasi gabungan tewaskan seorang pemimpin Taliban lokal
A A A
Sindonews.com - Serangkaian operasi militer yang digelar oleh pasukan militer Afghanistan dan pasukan koalisi NATO di seluruh wilayah Afghanitan menewasakan sedikitnya tiga anggota militan Taliban. Satu di antara korban tewas adalah Nurullah Khan, pemimpin lokal senior Taliban. Khan tewas dalam operasi yang dilakukan di Provinsi Kunduz.

"Setelah menggelar operasi gabungan di Provinsi Nangarhar, Kapisa, Kunduz, Maidan, Wardak, Logar, Ghazni, dan propinsi Helmand, kami berhasil menewasakan sedikitnya dua anggota militan Taliban dan meringkus 26 anggota lainya," ungkap pernyataan gabungan militer Afghanistan dan pasukan NATO, seperti diberitakan dalam Xinhua, Selasa (1/1/2012).

Amanuddin Qurishee, Kepala Administrasi Kabupaten Imam Shahib mengatakan dua militan lain tewas dalam serangan udara yang dilancarkan oleh pasukan koalisi sepanjang Senin malam.

Nurullah Khan alias Shaker merupakan komandan militan Taliban yang bertugas menyediakan distribusi senjata di Provinsi Kunduz. Sebelum kematiannya, Khan baru saja melakukan koordinasi untuk memindahkan sejumlah bahan peledak ke sebuah lokasi lain.

Militer Afghanistan dan pasukan koalisi NATO tidak merinci korban tewas dari pihak mereka. Namun, Pasukan Keamanan Afghanistan dan NATO semakin gencar menumpas keberadaan militan Taliban jelang penarikan semua pasukan NATO dari Afghanistan pada 2014 mendatang.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan, sepanjang Desember lalu, tercatat 91 anggota militan Taliban yang tewas. Sementara mereka yang berhasil diringkus dalam keadaan hidup-hidup berjumlah 190 orang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0705 seconds (0.1#10.140)