PM China dituduh sembunyikan kekayaan

Jum'at, 26 Oktober 2012 - 20:15 WIB
PM China dituduh sembunyikan kekayaan
PM China dituduh sembunyikan kekayaan
A A A
Sindonews.com - Keluarga dari Perdana Menteri Chin Wen Jiabao, dilaporkan menyembunyikan jumlah kekayaan yang mereka miliki. Laporan ini menimbulkan dugaan korupsi dari sosok pemimpin yang selama ini dianggap sederhana.

"Lewat penyelidikan catatan perusahaan dan kekayaan mengindikasikan bahwa keluarga perdana menteri, melakukan kesepakatan bisnis yang besar. Ini termasuk dilakukan oleh istrinya, yang mengendalikan aset senilai USD2,7 miliar atau sekira Rp25,9 triliun (Rp9.600 per USD)," menurut laporan the New York Times, Jumat (26/10/2012).

Atas laporan tersebut, website dari suratkabar Amerika Serikat (AS) tersebut diblokir di China sejak pagi hari ini waktu setempat. China sepertinya juga memblokir pencarian nama dari istri serta anak Wen di Twitter.

Ibunda dari Wen, termasuk saudara dan anak-anaknya dikabarkan memiliki jumlah kekayaan yang besar sejak dirinya ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri China pada 1998. Wen baru diangkat sebagai Perdana Menteri China pada 2003 silam.

Salah satu contoh sumber keuangan dari keluarga Wen berasal dari perusahaan yang dikendalikan antara keluarganya dengan rekannya yang menyimpan dana hingga USD2,2 miliar atau sekira Rp21,1 triliun. Dana itu berasal dari saham yang dipegangnya pada Ping An Insurance (Group) Co of China Ltd, 2007 silam.

The New York Times mengatakan, ibunda Wen yang kini telah berusia 90 tahun memiliki investasi di Ping An yang jumlahnya mencapai USD120 juta atau sekira Rp1,15 miliar, sejak lima tahun lalu.

Hingga kini belum ada tanggapan mengenai laporan The New York Times dari pihak Pemerintah China. Sementara Kementerian Luar Negeri China pun menolak untuk respons laporan ini. Sedangkan aksi bungkam juga dilakukan oleh keluarga Wen.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5977 seconds (0.1#10.140)