Pilpres Venezuela dimulai

Minggu, 07 Oktober 2012 - 21:20 WIB
Pilpres Venezuela dimulai
Pilpres Venezuela dimulai
A A A
Sindonews.com – Rakyat Venezuela berbondong-bondong menuju tempat pemilihan suara untuk menentukan siapa yang akan memimpin mereka di periode 2013-2019, Minggu (7/10/2012). Tak kurang dari 19 juta pemilih akan menentukan, apakah Hugo Chavez akan kembali duduk di kursi Presiden, ataukah pesaingnya yang berasal dari oposisi, Henrique Capriles yang akan menjadi Presiden.

Sebenarnya, ada enam kandidat calon Presiden Venezuela untuk periode 2013-2019. Namun, melihat tingkat popularitas selama masa kampanye, peluang mengerucut pada Chavez dan Carpiles. Chavez yang telah berkuasa sejak 1998, mengaku ingin melanjutkan apa yang disebutnya sebagai revolusi sosialis. Sedangkan Carpiles, berjanji akan memulihkan pertumbuhan ekonomi.

Dua calon Presiden itu juga menggunakan twitter untuk berkampanye. "Selamat pagi untuk semua, satu hari tersisa untuk membuka pintu ke masa depan!," kata Capriles di akun twitter, satu hari sebelum pemilihan berlangsung.

Chavez pun tak mau kalah. "Kawan-kawan di seluruh dunia, yakinlah bahwa orang Bolivar akan terus bekerja untuk membuat dunia menjadi lebih baik, yakni satu sosialis!,” kata Presiden Chavez lewat akun twitternya.

Hampir 140.000 tentara dikerahkan untuk menjaga lebih dari 10.000 tempat pemungutan suara. Tensi kekerasan memang meningkat di Venezuela jelang Pilpres. Satu pekan sebelum pemilu, tiga aktivis oposisi tewas dan empat orang terluka dalam penembakan selama simulasi pemilu pada September.

Guna menghindari hal-hal tak diinginkan, sejak Sabtu (6/10/2012) malam hingga Senin (8/10/2012) malam, penjualan alkohol dilarang dan hanya pasukan keamanan yang diizinkan untuk membawa senjata.

Ketua Dewan Pemilihan Nasional, Socorro Hernandez, mengatakan bahwa pihaknya siap menggelar pemilu bersih. “Kami siap 100 persen untuk hari pemungutan suara. Kami meminta semua pihak dan kelompok non-pemerintah untuk berkontribusi pada pemilu damai dan menghindari distorsi,” ungkap Hernandez.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5403 seconds (0.1#10.140)