Jumlah pengangguran di AS menurun

Sabtu, 06 Oktober 2012 - 07:32 WIB
Jumlah pengangguran di AS menurun
Jumlah pengangguran di AS menurun
A A A
Sindonews.com – Tingkat pengangguran di AS mencapai titik terendah sejak Januari 2009. Hal ini mengejutkan para analis yang sebelumnya justru memperkirakan tingkat pengangguran akan mengalami sedikit peningkatan. Seperti dikutip dari bbc.co.uk, pada September 2012 jumlah pengangguran adalah 7,8%. Angka ini lebih rendah dibanding banding bulan sebelumnya, yakni 8,1%.

Data yang dikeluarkan Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat (5/10/2012) ini menunjukan ada 114.000 orang yang mendapatkan pekerjaan baru pada September 2012. Terkait pemilihan Presiden AS, terciptanya lowongan pekerjaan baru jadi salah satu kunci keberhasilan dalam kampanye.

Seorang ekonom dari New York, Sean Incremona, mengatakan kalau data ini menunjukan kondisi ekonomi AS tetap tenang. “Secara umum, kita masih melihat gambaran yang bercampur. Kondisi ini tidak terlalu mengesankan, tapi juga tidak mengerikan," katanya.

Ekonom lainnya, Omer Esiner, dari Rhode Island, bersikap lebih optimis. “Data hari ini jelas menunjukan tingkat pengangguran. Hal ini merupakan kejutan besar," katanya. “Ada harapan untuk semua orang. Kenaikan tingkat partisipasi menunjukkan sedikit gerakan dari perbaikan nyata di pasar tenaga kerja," lanjut Esiner.

Data resmi terbaru menunjukkan, bahwa sektor konstruksi memberikan kesempatan kerja baru bagi 5.000 orang. Sedangkan jumlah orang yang bekerja di sektor pemerintahan meningkat sebesar 10.000 orang. Serapan terbesar ada di sector kesehatan, yang menambahkan 44.000 pekerja pada bulan September.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3508 seconds (0.1#10.140)