Putri mantan diktator Korsel jadi Capres

Selasa, 21 Agustus 2012 - 13:09 WIB
Putri mantan diktator Korsel jadi Capres
Putri mantan diktator Korsel jadi Capres
A A A
Sindonews.com - Partai Saenuri yang berkuasa di Korea Selatan (Korsel) memilih Park Geun-hye, putri mantan diktator Park Chung-Hee sebagai kandidat presiden.

Park Geun-hye mengatakan Korsel sedang menghadapi berbagai tantangan, termasuk krisis ekonomi global, ancaman dari Korea Utara dan sengketa wilayah, meskipun dia tidak menyebut Jepang.

"Saat ini, Korsel membutuhkan pemimpin yang siap dan stabil untuk menghadapi tantangan kritis. Saya tidak akan pernah membiarkan tindakan mengancam keamanan atau kedaulatan negara," ujar Park Geun-hye dalam pidatonya selama 15 menit, seperti dikutip VOA, Selasa (21/8/2012).

Oposisi utama, Partai Persatuan Demokrat atau PDU akan menentukan kandidatnya bulan depan dari lima finalis.

Kandidat terdepan DUP adalah Moon Jae-in yang menjabat sebagai kepala staf presiden dalam pemerintahan Presiden Roh Moo-hyun yang liberal dalam dekade sebelumnya.

Banyak pihak sayap kiri mengatakan kesempatan terbaik mereka untuk mengalahkan Park adalah lewat seorang politikus pemula yang populer. Orang itu adalah profesor universitas ternama yang juga merupakan pengusaha software yang kaya.

Park Geun-hye memulai kampanye pemilihan umum sebagai sosok yang diunggulkan dari kalangan konservatif tapi kemungkinan akan menghadapi seorang lawan yang tangguh dari pihak liberal bulan Desember.

Pengumuman hari Senin mengenai pemenang pemilihan pendahuluan presiden dalam konvensi Partai Saenuri mengejutkan banyak pihak. Ketua komite pemilu partai tersebut, Kim Soo-han, menyatakan Park Geun-hye sebagai pemenang telak, menyebut kemenangannya sebagai sebuah momen bersejarah.

Untuk pertama kalinya, partai besar di Korea Selatan memilih perempuan serta anak mantan diktator Park Chung-Hee sebagai kandidatnya. Dalam hasil hari Minggu yang menggabungkan suara para anggota partai dan warga negara dan jajak pendapat, Park memenangkan 84 persen suara.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6262 seconds (0.1#10.140)