Hong Kong protes pelajaran patriotisme China

Senin, 30 Juli 2012 - 12:13 WIB
Hong Kong protes pelajaran patriotisme China
Hong Kong protes pelajaran patriotisme China
A A A
Sindonews.com - Ribuan orangtua di Hong Kong memprotes rencana pemerintah mewajibkan pelajaran patriotisme di sekolah. Mereka menilai rencana ini merupakan upaya mencuci otak anak-anak melalui propaganda China.

Pengunjuk rasa memprotes buku setebal 34 halaman yang berjudul The China Model, memuji negara komunis satu partai Cina sebagai suatu sistem politik yang unik berdasarkan perkembangan ekonomi dan masyarakatnya

"Kami tidak perlu pembatasan pemikiran," tulis spanduk pendemo seperti diberitakan dalam RadioAustralia, Senin (30/7/2012).

Koordinator unjuk rasa mengatakan, aksi unjuk rasa ini sedikitnya diikuti 90 ribu orang penentang kebijakan tersebut, sementara itu pihak kepolisian memperkirakan unjukrasa hanya diikuti 30 ribu orang.

Unjuk rasa ini merupakan langkah terbaru yang dilakukan unutk menentang pengaruh politik Beijing terhadap Hong Kong, koloni Inggris yang resmi dikembalikan pada 1997 lalu kepada China.

Sementara itu seorang guru AS mengatakan banyak penduduk Hong Kong yang skeptis dengan isi buku tersebut. Hal itu dibenarkan oleh salah seorang pengunjuk rasa, P.S Ho. Ho berunjuk rasa bersama istri dan anak perempuannya yang berusia empat tahun menolak materi propaganda tersebut.

"Kalau kebijakan ini tetap dijalankan tanpa perubahan, mungkin kami memilih memindahkan anak kami yang berusia empat tahun untuk sekolah ke negara lain" ungkap Ho.

Sebelumnya pemerintah Hong Kong telah menolak kritik dari masyarakat dan bertekad mengimplementasikan rencana mereka. Pemerintah Hong Kong bahkan telah membentuk sebuah komisi khusus yang akan memonitor implementasi pelajaran tersebut.

Nantinya jika mata pelajaran ini diimplementasikan, para siswa selama setahun akan fokus mempelajari pembinaan keselarasan nasional, identitas dan persatuan di kalangan individu.

Rencananya buku yang biaya percetakannya dibiayai oleh Pemerintah Hongkong ini akan mewajibkan mata pelajaran patriotisme guna memupuk rasa kebanggaan nasional mulai 2015 mendatang.

Sementara itu, mulai September tahun depan rencananya pemerintah Hongkong akan menjadikan buku pelajaran patriotisme sebagai dasar kurikulum pendidikan nasional bagi para siswa yang berusia enam tahun ke atas di Hong Kong.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4308 seconds (0.1#10.140)