Putin kesal dengan aksi intervensi Barat

Selasa, 10 Juli 2012 - 13:59 WIB
Putin kesal dengan aksi intervensi Barat
Putin kesal dengan aksi intervensi Barat
A A A
Sindonews.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin kecam Barat atas politik intervensif dan penerapan "rudal-bom demokrasi" dalam menyelesaikan krisis internasional.

Di hadapan para duta besar Rusia dari seluruh dunia, di Moskow Senin, 9 Juli 2012, Putin mengecam Barat karena telah mengambil langkah unilateral dalam menyelesaikan konflik internasional dan bukan melalui Perserikatan Bangsa Bangsa.

"Ini adalah fakta. Para pemain dalam politik internasional berupaya mengabadikan pengaruh mereka dan mengeruk manfaat geopolitik dengan segala cara. Aksi berbentuk operasi kemanusiaan, ekspor 'rudal-bom demokrasi’ serta intervensi dalam konflik internal, termasuk yang disebarkan dalam gerakan kebangkitan Arab," tutur Putin seperti dikutip dari Presstv, Selasa (10/7/2012).

Putin menggambarkan, tindakan sepihak yang dilakukan oleh barat jelas bertentangan dengan hukum internasional. Semua itu merupakan tindakan campur tangan dalam urusan internal negara-negara berdaulat.

Dalam kesempatan tersebut, Putin juga mengecam intervensi militer Barat di Libya pada 2011 dan menegaskan ia tidak akan membiarkan skenario yang sama terulang bagi Suriah. "Tragedi yang terjadi di Libya, tidak seharusnya terulang di negara lain seperti Suriah," kata Putin.

Kepala eksekutif Rusia itu juga mendesak para Duta Besarnya agar waspada terhadap reaksi dari mantan musuh Moskow di masa Perang Dingin, yakni Amerika Serikat.

"Bersiaplah untuk menghadapi setiap perkembangan situasi, bahkan untuk yang paling tidak menguntungkan," tukas Putin dalam pidatonya

Dalam kesempatan tersebut Putin juga menyingggung pengaruh Barat yang mulai memudar akibat krisis ekonomi. "Masalah sosial ekonomi yang memburuk di negara-negara industri merupakan dampak dari krisis (ekonomi) karena melemahya dominasi Barat,” pungkasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3181 seconds (0.1#10.140)