Lingkaran rumput misterius di Afrika

Kamis, 05 Juli 2012 - 22:54 WIB
Lingkaran rumput misterius di Afrika
Lingkaran rumput misterius di Afrika
A A A
Sindonews.com – Lingkaran peri menghiasi hamparan gurun di Nambia, Afrika Selatan. Tanah kosong misterius ini dikelilingi rerumputan lebat.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan 27 Juni 2012 dalam jurnal PLoS ONE membongkar misteri lingkaran rumput tersebut. Ahli biologi Florida State University, Walter Tschinkel menemukan lingkaran kecil tetap berada disana selama 24 tahun, sedangkan yang lebih besar bertahan hingga 75 tahun.

Sebuah tampilan foto teranyar menunjukkan lingkaran rumput di Gurun Namibia dapat bertahan hidup dalam jangka waktu lama. Namun, sebagian besar lingkaran peri khas Namibia sering menghilang tanpa alasan yang jelas. Seperti dikutip dari Livescience, Selasa (3/7/2012).

Studi itu menyoroti mengapa rumput di Namibia membentuk pola lingkaran, bertahan beberapa tahun, kemudian menghilang dalam lanskap setelah beberapa dekade. Apa yang terjadi di balik fenomena aneh itu?

Tschinkel memulai penelitiannya tahun 2005 di Cagar Alam Namibia. Dia menganalisa hamparan rumput yang menyerupai cincin tinggi mengelilingi tanah kosong. Butuh waktu bertahun-tahun bagi Tschinkel sebelum berhasil mengungkap misteri dibalik lingkaran rumput Namibia.

Ternyata, lingkaran rumput itu hanya dapat ditemukan di gurun. Sebab untuk membentuk lingkaran, rerumputan membutuhkan tanah berpasir dengan sedikit unsur batuan. Di Namibia, kumpulan rumput tumbuh alami menyesuaikan diri dengan kondisi sebuah gurun pasir.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4936 seconds (0.1#10.140)