Putin tandangi Palestina

Selasa, 26 Juni 2012 - 19:17 WIB
Putin tandangi Palestina
Putin tandangi Palestina
A A A
Sindonews.com-Presiden Rusia, Vladimir Putin melanjutkan tur Timur Tengahnya ke Palestina usai mengunjungi Israel. Saat mendatangi Palestina, Putin dijadwalkan bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmud Abbas terkait kebuntuan negosiasi antara Israel dengan Palestina.

Seperti diberitakan dalam AFP, Selasa (26/6/2012) dalam kunjungan ini, Rusia akan menegosiasi perdamaian antara Palestina dan Israel yang telah tertunda selama empat tahun. Meskipun negosiasi itu sempat berlanjut dua bulan lalu, tetapi kembali menemui jalan buntu.

Sebelumnya, dalam kunjunganya ke Israel, Putin melakukan beberapa pembicaraan penting dengan Presiden Isreal, Simon Peres. Selain itu, Putin juga menyempatkan diri mengunjungi gereja tempat kelahiran Yesus di Betlehem, West Bank.

Rusia merupakan salah satu mediator perdamaian Israel dan Palestina. Bersama dengan Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Rusia tergabung dalam tim kuartet negosiasi damai Israel dan Palestina.

Rusia dipandang sebagai negara yang paling bersimpati dengan Palestina, namun keberadaan Rusia dalam kelompok kuartet lebih lemah dibanding dengan AS, karena AS dinilai memiliki peran yang lebih dominan dibanding Rusia.

Selain memperkuat hubungan dengan Presiden Palestina, Rusia juga meningkatkan hubungan dengan kelompok militan Hamas. Kelompok Hamas sejak tahun 2007, telah menguasai wilayah Palestina di jalur Gaza.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5539 seconds (0.1#10.140)