Jepang luncurkan 4 satelit komersial

Jum'at, 18 Mei 2012 - 12:07 WIB
Jepang luncurkan 4 satelit komersial
Jepang luncurkan 4 satelit komersial
A A A
Sindonews.com - Jepang mencatat prestasi di dunia luar angkasa. Mereka meluncurkan tiga satelit komersial buatan sendiri ke luar angkasa sekaligus membantu meluncurkan satu satelit milik Korea Selatan bernama KOMPSAT-3.

Dengan bantuan roket H-2A, KOMPSAT-3 diluncurkan di pusat peluncuran ruang angkasa di selatan Pulau Tanegashima pukul 1.39 pagi waktu setempat atau Jumat dini hari tadi. Selang 16 menit peluncuran satelit KOMPSAT-3, tiga satelit lain milik Jepang turut diluncurkan ke orbit.

Seperti dipublikasikan oleh Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA), peluncuran KOMPSAT-3 merupakan yang ke-21. KOMPSAT-3 merupakan satelit obervasi serbaguna yang dibangun Lembaga penelitian Korsel, Korea Aerospace.

Salah satu dari tiga satelit Jepang adalah Shinzuku yang difokuskan untuk membantu memonitoring arus laut. Sedangkan dua satelit lainya yang berukuran lebih kecil akan digunakan untuk penelitian.

Peluncuran satelit hari ini menandai awal bisnis baru Jepang. Selama puluhan tahun Jepang berusaha menjadi bagian dari bisnis peluncuran satelit komersial. Mitsubishi Heavy Industries (MHI),sejak tahun 2007 terus berusaha meluncurkan satelit komersial dan mencoba menyaingi Eropa serta Rusia dalam dunia peluncuran satelit komersial.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3468 seconds (0.1#10.140)