Liga Arab desak PBB selesaikan konflik Sudan & Suriah

Jum'at, 27 April 2012 - 17:33 WIB
Liga Arab desak PBB selesaikan konflik Sudan & Suriah
Liga Arab desak PBB selesaikan konflik Sudan & Suriah
A A A
Sindonews.com - Liga Arab menggelar pertemuan luar biasa tingkat menteri di Kuwait pada Kamis 27 April kemarin, yang khusus membahas masalah konflik Sudan, Suriah serta sengketa antara Iran dan Uni Emirat Arab .

Rapat yang berlangsung empat jam tersebut, diketuai oleh Menteri Luar Negeri Kuwait, Khaled al-Hamed al-Sabah.

Dalam pertemuan ini, Liga Arab sepakat untuk mendesak Sudan dan Sudan Selatan menyelesaikan konflik melalui jalan damai. Liga Arab juga mengusulkanpembentukan sebuah tim pencari fakta, menghitung jumlah kerugian ekonomi dan korban jiwa akibat perang di wilayah perbatasan dalam sebulan ini.

Dalam rapat tersebut Sekertaris Liga Arab, Jenderal Nabil al-Arabi juga menyatakan kesedihan atas kekerasan yang terus berlangsung di Suriah, dan mendesak pemerintah serta kelompok anti pemerintah untuk segera melakukan gencatan senjata.

"Menteri Luar Negeri Arab, telah mengundang semua kelompok oposisi Suriah untuk bertemu 16 Mei di Kairo," ungkap Arabi seperti diberitakan dalam Xinhua, Jumat (27/4/2012)

Arabi juga telah mendesak PBB untuk segera mengirimkan semua tim pengamat ke Suriah guna mengawasi gencatan senjata dan membantu pemerintah Suriah menjalankan semua kesepakatan yang telad disepakati dengan Kofi Annan.

Arabi menekankan pada tanggal 5 Mei, Liga Arab juga akan mengirimkan wakil untuk meminta Dewan Keamanan PBB segera menghentikan aksi kekerasan dan melindungi warga sipil. Siapa saja yang menentang hak asasi manusia dan prinsip-prinsip hak asasi manusia internasional akan dihukum jika saatnya tiba.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2929 seconds (0.1#10.140)