AS tarik 9 ribu tentara AL dari Jepang

Jum'at, 27 April 2012 - 16:36 WIB
AS tarik 9 ribu tentara AL dari Jepang
AS tarik 9 ribu tentara AL dari Jepang
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Jepang sepakat untuk memindahkan ribuan personil Angkatan Laut AS dari pulau Okinawa.

Pemerintah AS dan Jepang mengeluarkan pernyataan bersama, sebanyak 9000 personil AL akan dipindahkan dari Jepang, sementara 10 ribu pasukan tentara akan tetap bertahan di Jepang. Mereka akan dipindahkan menuju Guan, Hawaii dan berbagai lokasi di Asia Pasifik.Perubahan kesepakatan ini muncul menjelang kunjungan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda ke AS.

Sebelumnya, pada 2006 pemerintah Jepang gagal memenuhi syarat untuk menyepakati relokasi pangkalan udara sebelum pasukan AS di relokasi. Dalam sebuah pembicaraan yang dilakukan awal tahun ini, Jepang dan AS sepakat memindahkan pangkalan ke Camp Schwab, daerah yang jarang penduduknya mil utara dari Naha, sejalan dengan kesepakatan tahun 2006.

Kedua belah pihak sampai saat ini masih belum sepakat tentang penutupan pangkalan udara Futenma di Okinawa. Perbedaan pendapat tentang pangkalan futenma telah membuat hubungan kedua negara merenggang. Warga setempat mengatakan, pangkalan udara Futenma terlalu dekat dengan pemukiman mereka. Hal ini tentu saja berbahaya dan berisik, sesekali tentara AS melakukan tindakan kriminalistas. Oleh karena itu, mereka meminta pangkalan tersebut direlokasi dari pulau Futenma secepat mungkin.

Mantan Perdana Menteri Yukio Hatoyama berjanji memindahkan pangkalan udara tersebut, namun ia telah berhenti akibat gagal menemukan tempat lain untuk relokasi pangkalan udara AS.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6399 seconds (0.1#10.140)