Sudan Selatan pukul mundur tentara Sudan

Senin, 23 April 2012 - 14:34 WIB
Sudan Selatan pukul mundur tentara Sudan
Sudan Selatan pukul mundur tentara Sudan
A A A
Sindonews.com - Pertempuran antara militer Sudan dan Sudan Selatan di wilayah perbatasan kembali pecah. Bentrokan bersenjata itu pecah pasca penarikan tentara Sudan Selatan dari wilayah Heglig.

Militer Sudan Selatan mengatakan, mereka berhasil memukul mundur serangan darat dan udara pasukan Sudan. ’’Pertempuran antara keduanya masih berlangsung. Kedua belah pihak tampaknya akan bertempur habis-habisan,” demikian seperti dilaporkan BBC.co.uk Senin, (23/4/2012).

Sudan Selatan mengatakan mereka mundur dengan sukarela dari wilayah Heglig pada hari Jumat. Sedangkan tentara Sudan mengatakan mereka dipaksa mundur dari wilayah tersebut.

Berdasarkan analisis Harvard Humanitarian Initiative tentang hasil pencitraan, satelit ladang minyak Heglig menjadi sasaran dalam pertempuran ini. Pipa yang berfungsi unutk mengalirkan minyak hasil telah dihancurkan. Sejumlah puing-puing ledakan bertebaran di sekitar lokasi penambangan minyak.

Hasil pencitraan satelit tentang kerusakan menunjukkan indikasi, serangan dilakukan dari udara oleh pasukan Sudan. Satelit juga menunjukkan, pasukan Angkatan Udara Sudan telah lepas landas dari landasan pacu di bagian Selatan Kordofan. Pasukan ini ditugaskan untuk melakukan penyerangan udara terhadap Sudan Selatan.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2693 seconds (0.1#10.140)