Paus putih dewasa nongol di perairan Rusia

Senin, 23 April 2012 - 11:52 WIB
Paus putih dewasa nongol di perairan Rusia
Paus putih dewasa nongol di perairan Rusia
A A A
Sindonews.com - Sejumlah ilmuwan dari Rusia untuk kali pertama melihat kemunculan paus putih dewasa atau paus pembunuh di lepas Pantai Kamchatka, Rusia bagian timur.

Paus putih dewasa ini atau yang juga dikenal sebagai iceberg tampak sehat dan hidup dalam keadaan normal.

Paus putih adalah spesies yang sangat langka dan jarang sekali terlihat di atas permukaan air. Satu-satunya paus putih muda dengan kondisi genetik yang sangat langka mati dalam akuarium pada tahun 1972.

Penampakan paus putih ini, merupakan hasil penelitian sekelompok ilmuwan dan mahasiswa yang dipimpin oleh Erich Hoyt, seorang ilmuwan senior di Whale and Dolphin Conservation Society (WDCS).

Paus putih ini adalah paus putih dewasa yang matang yang pertama kali ditemukan oleh tim peneliti ini, sebelumnya mereka menemukan dua paus muda.

"Paus dewasa ini nampaknya berusia 16 tahun. Paus itu memiliki sirip sepanjang dua meter yang nampak rusak. Mungkin ia lebih tua dari usia yang diperkirakan," ungkap Hoyt seperti diberitakan dalam BBC.co.uk Senin (23/4/2012).

Paus putih biasa mampu bertahan hidup sampai 15 tahun. Sedangkan untuk jantan biasanya mencapai umur 50 sampai 60 tahun, kebanyakan dari mereka hanya bertahan hidup sampai usia 30 tahun. "Paus putih hidup bersosialisasi dalam kelompok, biasanya kelompok muda hidup selalu didampingi oleh ibu dan saudara mereka," ungkap Hyot.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4916 seconds (0.1#10.140)