Korut ancam hancurkan Seoul

Kamis, 19 April 2012 - 16:13 WIB
Korut ancam hancurkan Seoul
Korut ancam hancurkan Seoul
A A A
Sindonews.com - Korea Utara (Korut) bereaksi keras terhadap Korea Selatan (Korsel). Mereka mengancam akan mengambil langkah militer jika Korsel tidak meminta maaf, karena telah menghina perayaan seratus tahun kelahiran pendiri Korea Utara Kim Il Sung pekan lalu.

Seperti diberitakan dalam kantor berita resmi Korea KCNA, Korut mengancam akan mengobarkan perang suci untuk melenyapkan kelompok pengkhianat yang dipimpin oleh Presiden Korsel, Lee Myung Bak dan menghancurkan Seoul.

Ancaman terhadap Korsel datang seminggu setelah Presiden Lee mengeluarkan komentarpedas. Presiden Lee mengungkapkan, Korut menghabiskan USD 850 juta untuk meluncurkan biaya roket yang gagal. Padahal dana tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk membeli 2,5 juta ton jagung. Korea Times melaporkan Korut mengalami kelaparan akut sejak tahun 1990-an.

Korsel juga mengomentari biaya renovasi sebuah hotel yang dijadikan lokasi perayaan seratus tahun kelahiran pendiri Korut menelan biaya USD 350 juta, lebih baik digunakan untuk memberi makan 24 juta penduduk Korut selama 100 hari.

Korut berargumen peluncuran satelit Kwangmyongsong 3 bertujuan untuk kepentingan sipil. Satelit itu nantinya dapat dimanfaatkan Korut untuk memperkirakan cuaca dan panen serta memperkirakan luas hutan dan sumber daya alam Korut. Namun, AS menilai peluncuran satelit hanyalah kedok untuk menguji coba kemampuanteknologi rudal Korut.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7212 seconds (0.1#10.140)