India bersiap luncurkan rudal antar Benua

Rabu, 18 April 2012 - 17:19 WIB
India bersiap luncurkan rudal antar Benua
India bersiap luncurkan rudal antar Benua
A A A
Sindonews.com - India akan meluncurkan rudal balistik antar Benua yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Rudal antar benua milik India diberi nama Agni-V, yang berarti api dalam bahasa Hindi. Rudal itu mampu menjangkau sasaran hingga 5000 km akan di ujicobakan di Orissa, bagian timur India.

Agni-V adalah sebuah keajaiban teknologi yang mampu melakukan beberapa fungsi. Rudal ini memiliki tinggi mencapai 17,5 m yang terbagi dalam tiga bagian utama dan memiliki bobot 50 ton. Biaya pembuatannya menelan 2,5 miliar Rupe (USD480 juta).

Analis pertahanan, Rahul Bedi mengatakan, rudal tersebut dinyatakan lulus uji coba jika mampu membawa 1,5 ton hulu ledak nuklir ke wilayah nuklir saingannya, China. Jika terbukti sukses maka rudal Agni-V akan memperkuat pertahanan nuklir India pada tahun 2014-2015.

Juru bicara Riset Pertahanan dan Pengembangan Organisasi India, Ravi Gupta, mengatakan bahwa pembuatan Agni V ditujukan untuk menjawab tantangan keamanan masa depan. Kekuatan pertahanan tidak hanya ditentukan dari jumlah angkatan perang tetapi juga unsur lainnya.

"ini adalah sebuah langkah nyata untuk menghindari perang tanpa spesifik menyebutkan negara tertentu," ungkap Gupta seperti diberitakan dalam BBC.co.uk, Rabu (18/4/2012).

Rudal antar benua hanya dimiliki oleh China, Rusia, Prancis, dan Inggris. Isreal juga dikabarkan memiliki rudal antar benua ini. Sebelumnya, pada 2010, India berhasil melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah Agni-II dengan jangkauan 2000km.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4932 seconds (0.1#10.140)