Pentagon desak Korut batalkan peluncuran satelit

Jum'at, 06 April 2012 - 11:27 WIB
Pentagon desak Korut...
Pentagon desak Korut batalkan peluncuran satelit
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) mendesak Korea Utara (Korut) menghentikan rencana peluncuran rudal untuk membantu melontarkan satelit.

"Tindakan Korut adalah pelangaran keras terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB, jika mereka bersih keras melanjutkan rencana mereka maka kami akan memangil mereka, sebagai negara yang terang-terangan memiliki rudal," ungkap Sekretaris Asisten Kementerian Pertahanan AS, George Little, seperti diberitakan dalam RIA Novosti, Jumat (6/5/2012).

"Rencana peluncuran satelit korut adalah masalah serius. Kami terus melakukan pemantauan dari dekat. Kami tahu betul dampak peluncuran satelit ini bagi stabilitas regional,"tegas George

"Tidak hanya AS, Korea Selatan, dan Jepang juga melakukan pemantauan. Kami berharap peluncuran satelit tidak akan terjadi, jika sampai terjadi kami siap untuk menarik satelit tersebut," tandas George.

Kemarin, pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un mengancam akan menenggelamkan musuh-musuhnya di laut jika mencoba menghalangi rencana Korut meluncurkan satelit pada 12 dan 16 April mendatang.

Seperti diberitakan dalam Korean Central News Agency (KCNA), Kim Jong Un telah memerintahkan semua unit untuk mengirim pasukan ke dasar laut untuk melakukan penyusupan.

Pernyataan bernada keras ini disampaikan oleh Kim Jong Un karena pihak internasional terus menekan Korut untuk mengurungkan niatnya meluncurkan satelit. Peluncuran satelit Kwangmyongsong 3, menandai 100 tahun kelahiran pendiri korut, Kim Il Sung.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0538 seconds (0.1#10.140)