Aksi demo buruh Spanyol berakhir ricuh

Jum'at, 30 Maret 2012 - 10:30 WIB
Aksi demo buruh Spanyol berakhir ricuh
Aksi demo buruh Spanyol berakhir ricuh
A A A
Sindonews.com - Aksi demonstrasi besar-besaran yang digelar oleh serikat pekerja Spanyol berakhir ricuh. Bentrok antara kepolisian Spanyol dan 800 ribu orang serikat pekerja Spanyol tidak dapat terelakan.

Awalnya aksi demo berlangsung damai, namun menjadi ricuh setelah sejumlah pendemo di Barcelona memecahkan kaca jendela bank, toko dan membakar tempat sampah, sepeda motor bahkan sebuah kedai kopi milik Starbucks.

Seperti diberitakan dalam BBC.co.uk Kamis, (29/3/2012) 80 ribu aparat kepolisian yang disiagakan Pemerintah Spanyol terpaksa menyemprotkan gas air mata dan mengarahkan tongkat pemukul pada demonstran.

Serikat pekerja mengatakan 80 persen buruh terlibat dalam aksi ini. Mereka mendapatkan dukungan dari pabrik mobil dan perusahaan industri lainnya.

Mereka memprotes undang-undang ketenagakerjaan yang dengan mudahnya memecat karyawan. Undang-undang ketenagakerjaan yang baru ini dikeluarkan pada Februari lalu. Dalam undang-undang ini mereka juga memotong upah tahunan menjadi 33 hari dari 45 hari.

Sementara itu, pemerintah Spanyol mengatakan bahwa reformasi UU Tenaga Kerja akan menciptakan sebuah sistem yang lebih fleksibel untuk iklim bisnis dan lowongan pekerjaan, dimana selama ini kondisi keuangan stagnan. (bro)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4811 seconds (0.1#10.140)