Kakak Mohamad Merah dijerat dakwaan berlapis

Senin, 26 Maret 2012 - 09:31 WIB
Kakak Mohamad Merah dijerat dakwaan berlapis
Kakak Mohamad Merah dijerat dakwaan berlapis
A A A
Sindonews.com - Jaksa penuntut mengatakan bahwa kakak laki-laki Mohamad Merah, tersangka penembak tujuh orang di Toulouse, Prancis dijerat dakwaan berlapis atas konspirasi kriminal.

Abdelkader Merah, 29, didakwa melakukan pembunuhan, pencurian, dan terlibat aksi terorisme. Ia memang mengetahui saat adiknya melakukan pencurian sepeda motor. Namun, ia membantah terlibat dalam aksi teror yang dilakukan oleh adiknya.

Abdelkader membantah bahwa ia bangga dengan aksi adiknya. Pengacara Abdelkader, Anne Sophie Laguens mengatakan bahwa kliennya mengutuk aksi yang dilakukan oleh adiknya, tidak ada sisi yang bisa dibanggakan dari aksi itu.

"Kami berharap ia tidak dikambinghitamkan atas aksi yang dilakukan oleh adiknya" ungkap Laguens seperti dikutip dalam BBC.co.uk, Senin (26/3/2012)

Sebelumnya pihak kepolisi dan jaksa mengatakan bahwa Abdelkader, seorang penganut Islam radikal setelah menemukan bahan-bahan peledak di dalam mobilnya. ''Berdasarkan hasil penyelidikan dan bukti yang ada Abdelkader dinyatakan terlibat dalam kejahatan aksi terorisme" pernyataan Kejaksaan Paris.

Mohamad Merah tewas setelah polisi mengepung rumahnya selama 32 jam. Saat ini, tim penyidik masih mencari bukti untuk memastikan bahwa Mohamad memang pelaku tunggal dalam penembakan maut tersebut.

Istri Abdelkader juga ditahan untuk pemeriksaan di markas Badan Intelijen Dalam Negeri di Paris pada hari Rabu. Ia kemudian dibebaskan pada hari Minggu oleh aparat keamanan.

Abdelkader sebelumnya pernah diperiksa karena diduga memiliki hubungan dengan jaringan yang mengirim para pemuda Toulouse ke Irak. Namun, dibebaskan tanpa hukuman.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5181 seconds (0.1#10.140)