Dihantam mortir, 6 pengungsi Somalia tewas

Senin, 19 Maret 2012 - 21:05 WIB
Dihantam mortir, 6 pengungsi Somalia tewas
Dihantam mortir, 6 pengungsi Somalia tewas
A A A
Sindonews.com - Aksi kekerasan di Somalia kembali memakan korban jiwa. Pejabat lokal setempat melaporkan, enam orang dilaporkan tewas setelah sebuah mortir meledak di lokasi pengungsian yang berdekatan dengan istana Presiden Somalia di Mogadishu.

Empat di antara enam orang yang tewas merupakan satu keluarga. Keluarga itu tewas seketika saat mortir mendarat di atas gubuk mereka. Hanya seorang gadis berusia tujuh tahun yang selamat.

Seorang saksi mata, Abdiwahid Mohamed mengatakan hanya satu orang yang selamat dari ledakan mortir ini. "Ayah, ibu, dan dua orang anak mereka tewas, dua orang lain tewas dalam serangan yang sama," ungkap Mohamed kepada AFP, seperti dikutip dalam BBC.co.uk, Senin (19/3/2012).

Juru bicara kelompok Uni Afrika, Paddy Ankunda, membenarkan bahwa ada sebuah mortir meledak. Namun, bukan di istana presiden, tetapi di lokasi pengungsian.

Pemerintah belum mengumumkan siapa pihak yang seharusnya bertanggung jawab dalam aksi biadab itu. Minggu lalu, lima orang tewas dalam sebuah serangan di luar perbatasan ibu kota.

Kemungkinan besar aksi itu didalangi oleh kelompok Islam Al-Sahbab. Sebelumnya, kelompok ini mengatakan bahwa mereka telah menembakkan lebih dari selusin mortir. Kelompok Al-Shabab dikabarkan telah bersatu dengan kelompok Al-Qaeda yang telah mengontrol wilayah Somalia bagian Selatan.

Walaupun kelompok Al-Shabab tidak lagi mengontrol distrik Mogadishu, namun serangan sering kali terjadi di wilayah ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5938 seconds (0.1#10.140)