Australia akan tarik pasukan dari Timor Leste

Senin, 19 Maret 2012 - 16:30 WIB
Australia akan tarik...
Australia akan tarik pasukan dari Timor Leste
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith berencana menarik pasukan keamanan PBB dari Australia di Timor Leste. Penarikan itu dilakukan setelah Timor Leste menghelat Pemilu parlemen.

Smith mengatakan bahwa pihak Australia menarik mundur pasukannya setelah enam tahun menjaga wilayah bekas provinsi termuda Indonesia tersebut.

"Kondisi keamanan di Timor Leste kini lebih stabil," ungkap Smith seperti dikutip dalam Assosiated Press, Senin (19/3/2012).

Smith mengatakan, jika pemilu parlemen yang akan diselengarakan pada bulan Juni mendatang sukses, pemerintah Australia akan berdiskusi dengan PBB. Tujuan pembicaraan itu untuk menarik mundur pasukan perdamaian Australia yang berjumlah 470 orang.

Ungkapan ini disampaikan Smith dalam rangka menyambut keberhasilan penyelenggaraan pemilu kali kedua di Timor Leste sejak merdeka dari Indonesia pada 1999.

Walaupun pemerintah Timor Leste belum mengeluarkan pengumuman resmi, tampaknya Timor Leste akan mengelar pemilu presiden putaran kedua. Pasalnya, hasil perolehan suara sementara belum ada kandidat yang mendapat 50 persen suara. Pemilu putaran kedua rencananya akan diselenggarakan pada 21 April mendatang.

Hari Sabtu 17 Maret, rakyat Timor Leste mengikuti pemilu presiden. Sebanyak 12 orang kandidat mencalonkan diri. Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, yang kembali mencalonkan diri dalam pemilihan umum kali ini, kalah suara.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5126 seconds (0.1#10.140)