Pendemo hadang Presiden Maladewa buka Parlemen

Senin, 19 Maret 2012 - 16:14 WIB
Pendemo hadang Presiden...
Pendemo hadang Presiden Maladewa buka Parlemen
A A A
Sindonews.com - Pihak berwenang di Maladewa berusaha mencegah upaya demonstran oposisi dan anggota parlemen yang menghalangi presiden untuk membuka rapat parlemen.

Para demonstran yang merupakan pendukung presiden terguling di Maladewa, Mohamed Nasheed, memblokir jalan. Mereka meminta Presiden Mohammed Waheed Hassan turun dari jabatannya. Hassan merupakan presiden yang menduduki jabatanya setelah terjadi kudeta oleh pihak militer beberapa waktu lalu.

"Polisi terpaksa menggunakan kekuatan karena para demonstran melemparkan batu, pecahan kaca, dan juga merusak milik pribadi dan publik," kata juru bicara polisi Maladewa, Ahmed Shiyam, seperti dikutip dalam AFP, Senin (19/3/2012)

Pihak kepolisian terpaksa menggunakan gas air mata untuk menghentikan aksi demonstrasi. Petugas keamanan terpaksa mengamankan dua orang anggota parlemen dari kelompok oposisi yang mencoba menghalangi Hassan saat menghadiri pertemuan parlemen.

Presiden Mohammed Waheed Hassan hari ini dijadwalkan menyampaikan sebuah pidato. Namun, rencana tersebut tertunda dan akan dilakukan setelah aksi protes ini berakhir.

Sebelumnya pada tanggal 1 Maret lalu, Hassan juga dicegah oleh anggota kelompok oposisi saat hendak membuka pembukaan rapat parlemen.

Situasi di Maladewa saat ini tidak stabil dan untuk kali pertama setelah 30 tahun berdiri, Pemerintan Maledewa mengelar pemilihan umum yang demokratis pada tahun 2008.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0475 seconds (0.1#10.140)